Sabtu, 27 Oktober 2012

Tutorial Lengkap OverClock VGA NVIDIA dengan Riva Tuner


Bismillahirahmanirrahim.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua.
Kali ini saya akan memberi sedikit informasi tentang Tutorial Lengkap OverClock VGA NVIDIA dengan Riva Tuner. Sebelumnya saya ingin bertanya sedikit , Ada yang tahu apa itu Tekhnik OverClock? Apa gunanya kita melakukan Tekhnik OverClock? Bila belum tahu mari ikuti artikel ini hingga selesai.

Apa itu OverClock?
Menurut kamus : Terminologi yang digunakan pada penggunaan CPU, video card, atau komponen-komponen lainnya pada kecepatan yang lebih cepat dari sebenarnya. Secara mudah overclocking berarti (memaksa) sebuah komponen untuk berjalan lebih daripada spesifikasinya. Overclocking tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan, dan memerlukan penanganan khusus.

Secara umum : Bahasa overclock disusun dari dua kata yaitu over dan clock yang artinya melakukan setup mainboard clock bagi processor, memory dan VGA. Kata overclock dikonotasikan dengan membuat komputer lebih cepat.

Sejarahnya : Diperkirakan Overclock mulai dilakukan ketika processor 486 DX dan Pentium Klasik pertama. Tetapi memacu processor hanya dapat dilakukan dengan jumper pada mainboard. Misalnya Pentium 166Mhz dijumper menjadi kecepatan 200Mhz, sedikit sekali perbedaan antara 166Mhz dan 200Mhz. Tetapi cukup lumayan untuk kecepatan pada saat itu.
Ramainya overclocker dimulai pada 1997 ketika Intel mengeluarkan processor jenis Celeron berkecepatan 300Mhz dengan jenis slot 1 dan ramai ramai dipacu menjadi 450Mhz. Saat itulah muncul para overclocker yang mulai memacu processor sampai batasan tertentu.
Perusahaan Taiwan saat itu sudah menguasai dibidang hardware membuat mainboard dengan option yang dapat disetup oleh pemakai. Munculnya Abit dengan mainboard untuk setup via BIOS dan mainboard jumperless. Abit pertama mengumumkan mainboard dengan jumper minimal dan pemakai dapat melakukan setup pada BIOS untuk kecepatan processor.

Apa tujuan dari OverClock?
Tujuannya : Tujuan melakukan overclock adalah memacu processor, VGA dan memory agar lebih cepat bekerja. Dengan teknologi yang ada saat ini (misalnya motherboard: overclock lewat BIOS) memungkinkan seseorang memiliki kemudahan membuat komputer dengan overclock.
Dengan melakukan overclock , sebuah computer akan bekerja lebih cepat dan lebih nyaman dinikmati. Dengan overclock semua perangkat akan meningkat.

Oke sekian perkenalan kita dengan tekhnik OverClock, sekarang kita lanjut ke inti dari topik kita kali ini yaitu Tutorial Lengkap OverClock VGA NVIDIA dengan Riva Tuner. Para gamers biasanya menggunakan Windows XP sebagai platform Operating System pada saat bermain Game agar lancar dalam bermain game, tapi bukan Operating System saja yang mempengaruhi kelancaran dalam bermain game, biasanya VGA Card pun dapat mempengaruhi kelancaran dalam bermain game. Tenang saja tidak usah gundah tidak usah galau bila VGA Card anda kurang memenuhi Minimum reqruitments game yang ingin anda mainkan, saya punya solusinya yaitu OverClock VGA Card! Sesuai judul dari artikel ini kita ingin melakukan OverClock VGA NVIDIA menggunakan Riva Tuner. Apa anda sudah memiliki Program Riva Tuner? Bila anda belum memiliki bisa anda cari di Google atau berseluncur di dunia air(dunia internet). Oke setelah anda mendownload lalu anda install program tersebut, pasti bisa dong kalo instal doang mah mudah, oke sip saya anggap anda sudah memiliki Riva Tuner dan sudah menginstall, kita lanjut. Kali ini saya ingin melakukan tekhnik OverClock pada VGA Card yang cukup tua yaitu NVIDIA GeForce2 MX 100/200 32 Mb. Gausah banyak basa basi langsung kepada caranya. Pertama-tama sediakan dulu 2 program sebelum memulai overclock yaitu PC Wizard 2006 digunakan untuk memeriksa GPU Frequency dan Memory Frequency GPU pada VGA Card. Sebelum menjalankan Riva Tuner jika masih ada tools OverClock VGA yang masih berjalan silakan anda hapus terlebih dahulu tools OverClock VGA tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lanjut.
Sekarang perhatikan gambar dibawah ini :




GeForce2 MX 100/200 32 Mb mempunyai GPU Frequency : 175 MHz dan Memory Frequency GPU : 334.09 MHz yang mana nanti akan kita coba tingkatkan agar menjadi lebih tinggi kecepatannya.



Ini adalah tampilan pada program RivaTuner untuk fitur mengubah Core Clock
dan Memory Clock, pertama-tama tandai dulu pada “Enable Low-Level
hardware-overclocking”.



Klik Detect pada pilihan menu dan tampillah tampilan seperti dibawah ini :



Asyik, overclock VGA siap dimulai, tinggal kita tarik saja Core Clock dan Memory Clock sampai batas garis biru sebelah kanan, setelah itu kita klik pilihan Test.



Setelah sobat blogger mengklik test maka ada proses dan setelah Test berhasil dilakukan maka tandailah pada Apply overclocking at Windows Startup lalu pilihlah Apply atau Ok.



Sekarang mari kembali dengan program PC Wizard 2006 lalu fantastis ! Saat ini GPU Frequency : 219.98 MHz dan Memory Frequency GPU : 422.38 MHz, kalau mau lebih detail dalam pengujian bisa pakai Bencmark yang ada di PC Wizard 2006,dibawah ini tabel hasil pengujian.

Sebelum di OverClock Sesudah di OverClock
GPU Frequency : 175 MHzGPU Frequency : 219.98 MHz
Memory Frequency GPU : 334.09 MHzMemory FrequencyGPU : 422.38 MHz

Oke sekian saja artikel dari saya mengenai Tutorial Lengkap OverClock VGA NVIDIA dengan Riva Tuner. Semoga berguna bagi kita semua, Selamat mencoba :) Terima kasih sudah berkunjung ke Me-Permana Blog. Selamat malam , Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Ditulis Oleh : Dian Permana // Sabtu, Oktober 27, 2012
Kategori:

2 komentar:

  1. Tutorial Lengkap Overclock Vga Nvidia Dengan Riva Tuner >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tutorial Lengkap Overclock Vga Nvidia Dengan Riva Tuner >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tutorial Lengkap Overclock Vga Nvidia Dengan Riva Tuner >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Qg

    BalasHapus

 
Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo Indonesian Free Auto Backlink Exchange Free Backlinks backlink

Free SEO Tools

Download